adab membaca al-quran

Berikut 4 Adab Ketika Membaca Al-Qur’an, ayo kita baca Al-Qur’an

Al-Qur'an

Ada beberapa adab yang perlu kita perhatikan ketika membaca kitab suci Al-Qur’an. Namun kali ini Minji mau membagikan 4 adab yang sangat penting untuk diperhatikan agar proses dan hasil yang didapatkan ketika membaca Al-Qur’an memberikan kita ketenangan dan pemahaman yang maksimal.
Yuk coba disimak 4 poin di bawah berikut:

  • Bersuci
    Sebelum memegang dan membaca kitab yang suci tentu saja kitapun harus dalam keadaan suci kan? Al-Qur’an yang suci dan seorang hamba yang telah bersuci lalu membaca nya adalah satu paket kebaikan dan ketenangan.
  • Membaca Taawudz
    Taawudz adalah bacaan “Audzubillahi minasyaitan nirrajim”. Udah pada tau kan artinya?? Yep kita meminta perlindungan Allah dari godaan setan yang terkutuk ketika kita sedang melantunkan ayat-ayat suci-Nya.
  • Membaca dengan Tenang & Perlahan
    “Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur’an) karena hendak cepat-cepat (meguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.”
    Nah jadi gak usah buru-buru kalau membaca Al-Qur’an, pelan-pelan saja, nanti Allah yang mengumpulkan ayat-ayat dan kandungannya di dalam dada kita, InsyaAllah.
  • Merenungkan Makna Ayat yang Dibaca
    Al-Qur’an yang diturunkan sebagai petunjuk kehidupan tentu saja setiap ayatnya perlu direnungi agar bisa bermanfaat bagi kita. Biar lebih jelas coba simak lagi ayat berikut, Q.S. Shaad ayat 29:
    “Ini adalah sebuah kitab yang kami turunkan kepadamu penuh berkah, supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran”

Leave a Reply