Doa Melancarkan Rezeki, Yuk Amalkan!

Al-Qur'an

“Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS Hud: 6).

Ayat ini menegaskan bahwa tidak satu pun makhluk dibiarkan hidup tanpa jaminan rezeki dari-Nya. Untuk mendapatkan rezeki yang berkah tersebut, Allah Ta’ala telah memberikan petunjuknya melalui Alqur’an dan As-Sunnah.

Sebagai manusia, kita memang diperintahkan untuk tawakkal (berserah diri), namun bukan berarti mengabaikan ikhtiar (usaha) dalam mencari rezeki. Sebab, takdir Allah tentang rezeki itu berkaitan dengan sebab akibatnya.

Artinya, sekalipun rezeki adalah takdir Allah, manusia tidak boleh berdiam diri tanpa berusaha. Ini sejalan dengan firman-Nya: “Dialah yang menjadikan bumi mudah bagi kalian, maka berjalanlah di segala penjurunya, dan makanlah kalian dari rezeki-Nya.” (QS: Al-Mulk: 15).

Allah Ta’ala memerintahkan manusia agar tidak meminta rezeki kecuali kepada-Nya. Di antara salah satu nama-Nya yang Maha Indah adalah ‘Ar-Razzaq’, artinya yang banyak memberi rezeki. Itu sebabnya, manusia diperintahkan untuk berdoa agar mendapatkan rezeki yang banyak, luas dan berkah.

Berikut doa memohon limpahan rezeki. Doa ini adalah doa Nabi Isa ‘alaihissalam (AS) sebagaimana diajarkan Allah Ta’ala dalam Alqur’an.

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Allāhumma Rabbanā anzil ‘alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā ‘īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn

“Ya Tuhan kami turunkanlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau. Beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama”. (QS. Al-Maidah: 114)

Source : Rusman Siregar (kalam.sindonews.com)

Download Aplikasi Maungaji untuk belajar Mengaji dengan Ustadz – Ustadzah di Seluruh Indonesia

Leave a Reply