Dahsyatnya Fadhillah Surah Al-Mulk, Dibaca ya Sebelum tidur

Al-Qur'an

Saudara seiman, ada satu surah Al-Qur’an yang fadhillahnya (keutamaan) sangat dahsyat hinggaNabi Muhammad shallallahu ‘laihi wa sallam memerintahkan kita membacanya setiap malam. Surah tersebut adalah Al-Mulk (kerajaan), surat ke-67 (juz 29) terdiri dari 30 ayat.

Surat ini dikenal dengan nama Surah Tabarok. Disebut juga surat Al-Mani’ah (penghalang) dan surat Al-Munjiah (penyelamat) yang menyelamatkan seseorang dari azab kubur. Inilah surat yang biasa dibaca Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap malam sebelum beliau tidur.

Keutamaan Surah Al-Mulk
Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwaRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﺳُﻮﺭَﺓٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﺛَﻼَﺛُﻮﻥَ ﺁﻳَﺔً ﺗَﺸْﻔَﻊُ ﻟِﺼَﺎﺣِﺒِﻬَﺎ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻐْﻔَﺮَ ﻟَﻪُ } ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺍﻟْﻤُﻠْﻚُ .{ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ : ﻓﺄﺧﺮﺟﺘﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻭ ﺃﺩﺧﻠﺘﻪ ﺍﻟﺠﻨﺔ

“Satu surat dalam Al-Qur’an (yang terdiri dari) 30 ayat (pada Hari Kiamat) akan memberi Syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu Surat Al-Mulk): ‘Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu’. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga”. (HR. Abu Dawud (No. 1400), At-Tirmidzi (No. 2891), Ibnu Majah (No. 3786), Ahmad (2/299) dan Al-Hakim (No. 2075 dan 3838), dinyatakan Shahih oleh Imam Al-Hakim dan disepakati oleh Imam Adz-Dzahabi, serta dinyatakan Hasan oleh Imam At-Tirmidzi dan Syaikh Al-Albani)

Dari Abdullah bin Mas’ud RA, ia berkata, “Barang siapa membaca ‘Tabarakalladzi bi yadihil Mulk’ (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammenamakan Surat tersebut ‘Al-Mani’ah’ (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan”. (HR. An Nasai dalam Al-Kabir 6/179 dan Al-Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadis tersebut Shahih).

Keutamaan dalam hadis ini diperuntukkan bagi orang yang selalu istiqamah membaca Surat Al-Mulk disertai dengan merenungkan kandungannya dan menghayati artinya. Inilah amalan yang menjadi sebab seseorang mendapatkan Syafa’at di hari Kiamat.

Fadhilah Surat Al-Mulk ini sangat dahsyat bagi siapa saja yang membacanya. Jangan sampai malam-malam kita terlewatkan tanpa membaca Surat Al-Mulk. Semoga Allah Ta’ala memberikan taufik-Nya agar kita bisa mengamalkannya. Aamiin.

Wallahu Ta’ala A’lam

Buat kamu yang mau belajar mengaji via Online (videocall) atau offline (Guru Ngaji datang Kerumah mu) klik disini yaa

Source : kalam.sindonews.com/Rusma H Siregar

Leave a Reply