4 POIN PENTING MENDIDIK ANAK DALAM ISLAM

Al-Qur'an
  • Mengenalkan Kasih Sayang Allah Bukan Murka Allah

Sebagai orang tua, kita harus dapat mengenalkan kepada anak-anak kita siapa Allah dan mengapa kita wajib taat kepada-Nya. Ketaatan itu tidak karena Allah adalah Pencipta dan Pemilik kita, namun karena dengan taat kepada-Nya, hidup kita akan jadi lebih baik dan bahagia. Dengan memberikan dasar seperti itu, maka anak tidak akan menganggap Allah sebagai “hakim” atau “pengawas”, namun sebagai zat yang kita butuhkan keberadaan-Nya.

Mengajarkan Kasih Sayang Kepada Semua Makhluk Allah

Rasulullah Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam (صلى الله عليه و سلم) bersabda kepada para sahabatnya, “Kalian tidaklah beriman sebelum kalian merahmati!” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah kami saling menyayangi,” mendengar itu Nabi bersabda, “Bukan kasih sayang salah seorang dari kalian kepada kawannya akan tetapi kasih sayang kepada semuanya.” (HR. Turmudzi)

  • Mempersiapkan Anak Agar Dapat Menghadapi Tantangan Zaman

Bekali anak dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan di zaman mereka hidup, kenali potensinya, lalu arahkan dan fasilitasi. Bangun komunikasi yang baik dengan anak. Namun tetap landaskan semua ilmu yang dimiliki dengan agama, dengan Tuhannya, Allah. Sehingga kita terhindar dari yang disebutkan dalam awal ayat Q.S. An-Nisa’ : 9, yakni mewariskan generasi/keturunan yang lemah.

  • Memberi Teladan, Bukan Hanya Sekedar Nasihat

Anak ibarat kertas putih, yang bisa ditulis dengan tulisan apa saja. Peran orang tua sangatlah vital. Karena melalui orang tua lah, anak akan menjadi manusia yang baik atau tidak. Rasulullah SAW, sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Dan hal yang paling penting adalah keteladanan dalam melakukan hal-hal yang utama. Inilah yang harus dilakukan orangtua. Bukan hanya memerintah dan menyalahkan, tapi yang lebih penting adalah memberikan contoh konkrit. Ini juga sesuai dengan akhir ayat Q.S. An-Nisa’ : 9.

Sumber bacaan:

Qur’anic Parenting, oleh: Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag. (artikula.id)

Parenting Islami: 3 Kewajiban Orang Tua dalam Mendidik Anak Sesuai Ajaran Islam, oleh: Rahayu Pawitri (id.theasianparent.com)

Leave a Reply